Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siap menggelar Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV di Kota Kendari, 20-27 November. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. H. Samudra Wasirih, M.Si, mengatakan POPWIL IV diikuti tujuh Provinsi, yakni Jatim, Kaltim, NTT, NTB, Sulsel, Sulbar dan tuan rumah Sultra.

Delapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah :
1. sepak bola,
2. bulu tangkis,
3. sepak takraw,
4. pencak silat.
5. basket,
6. bola voli,
7. tenis lapangan,
8. tenis meja.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra sebagai penyelenggara teknis dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah siap dan telah menyusun rencana kegiatan untuk menyukseskan event olahraga yang akan diikuti 1.200 pelajar tersebut.

Pada acara pembukaan tanggal 20 Nopember 2008, Gubenrnur Sultra H. Nur Alam, SE akan membuka secara resmi event tersebut dan akan dihadiri oleh seluruh pimpinan SKPD Provinsi Sultra dan Kota Kendari serta para Bupati/ Walikota se-Sultra. Undangan pembukaan perhelatan akbar ini akan disebar pada hari Senin ini (17 Nopember 2008).

Secara umum tidak ada kendala serius tentang sarana pertandingan, walaupun panitia harus melobi pemerintah daerah dan perguruan tinggi setempat untuk pelaksanaan event olahraga pelajar tersebut.

Panitia POPWIL IV Sultra sudah sejak bulan Agustus yang lalu bekerja mempersiapkan penyelenggaraan ini, dengan melibatkan semua unsur pemerintah dan masyarakat yang terkait agar pelaksanaan POPWIL ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses.

POPWIL merupakan salah satu ajang olahraga pelajar yang strategis untuk menggali bibit-bibit atlet potensial di daerah ini dan tak terkecuali atlet-atlet ke 6 Provinsi lain dan POPWIL ini merupakan ajang perebutan tiket menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Surabaya pada tahun 2009