Pada hari Jum’at tanggal 01 Agustus 2008 pada pukul 16.00 Wita (jam 4 sore) berlokasi di SMA Negeri 1 Kolaka telah dibuka Pelatihan TOT bagi Calon Master Trainer TIK 2008 Kab. Kolaka yang dibuka oleh Kabid PMPTK Dikmudora Kab. Kolaka Bapak Drs. Budi Prayitno yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang berhalangan hadir karena ada kegiatan yang dilakukan bersama Bupati Kolaka sehingga tidak sempat hadir pada acara Pembukaan Pelatihan TOT bagi Calon Master Trainer TIK 2008 Kab. Kolaka.

Pada acara sambutan yang disampaikan oleh Bapak Drs. Budi Prayitno megatakan bahwa setiap guru dituntut untuk menguasai TIK sebagai salah satu sarana media pembelajaran, dengan perkembangan Teknologi Informasi yang begitu cepat khususnya dibidang Komputerisasi yang sudah merambah ke dunia pendidikan maka selayaknya seorang guru harus mengikuti perkembangan tersebut. Pemerintah telah berupaya untuk menyebarluaskan informasi khususnya dibidang pendidikan dengan ICT (Information Communication and Technology) melalui Jejaring Pendidikan Nasional (JARDIKNAS) telah memberikan layanan Internet gratis ke sekolah-sekolah yang bisa dimanfaatkan oleh seorang guru, siswa dan staf TU sekolah untuk mencari dan menggali informasi. Melalui pelatihan ini semoga lahir master-master trainer yang bisa menularkan ilmunya ke sesama guru dan kepada siswa sehingga dari 15 orang Calon Master Trainer (CMT) TIK 2008 bisa berkembang menjadi 150 orang CMT khusus di Kab. Kolaka demikian harapan beliau.

Pada hari pertama Pelatihan TOT bagi Calon Master Trainer TIK 2008 Kab. Kolaka materi diuraikan oleh Senior Trainer Bapak Nursaputra, S.Kom dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah mengikuti pelatihan Senior Trainer di Jakarta memberikan uraian materi yang gamblang dan mudah dimengerti serte pretest kepada setiap peserta dan mengharapkan kepada peserta Pelatihan TOT bagi Calon Master Trainer TIK 2008 Kab. Kolaka memiliki sebuah e-mail agar mereka bisa terhubung ke milis cmt_telkomsultra@yahoogroups.com dan pustekkom-kita@yahoogroups.com sehingga bisa berbagi ilmu sesama Master Trainer yang ada di Indonesia.

Menurut Panitia Bapak Fendi Rasyid dan Ira Kamelia bahwa peserta yang hadir pada hari pertama terdiri atas 15 orang guru : 7 orang guru SMA/SMK/MA, 5 orang guru SMP/MTs dan 3 orang guru SD. Wah….para peserta rata-rata berjiwa muda semua yang mempunyai kemauan dan kemampuan TIK yang bisa dibanggakan semua.

Senior Trainer Bapak Nursaputra, S.Kom dan Kabid PMPTK Dikmudora Kab. Kolaka Bapak Drs. Budi Prayitno pada Pembukaan Pelatihan TOT bagi Calon Master Trainer TIK 2008 Kab. Kolaka

Para Peserta Pelatihan TOT bagi Calon Master Trainer TIK 2008 Kab. Kolaka dengan serius mengikuti uraian Materi yang dibawakan oleh Senior Trainer…..Moga-moga Ilmunya dapat ditularkan ke sesama guru…dan jangan pelit setelah jadi Master Trainer….he…he….

Ingat maju mundurnya Dunia IT di Kabupaten Kolaka ada ditangan-tangan Master Trainer, setelah mengikuti pelatihan tugas dant anggung jawab cukup besar di pundak saudara….