Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) melalui Pustekkom menyelenggarakan Pelatihan Pengelola dan Senior Trainer Pemanfaatan TIK tahun 2008 yang di pusatkan di Kantor Pustekkom dan para Calon Senior Trainer di inapkan di Wisma Universitas Terbuka Jl. Cabe Raya Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang.

Saat ini ICT Center Kabupaten dan Kota yang berdaya okupasi Pelatihan rata-rata 400 guru terlatih pertahun…… nah diperlukan 12 – 16 tahun untuk mengenalkan manfaat TIK di dalam proses belajar mengajar bagi semua guru di Indonesia (kalau semua guru mengajar TIK lho….) nah… kalau dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan pemerintah per-peserta yang ditatar adalah Rp. 2.500.000,- maka biaya yang harus disediakan untuk melatih dan memperkenalkan pemanfaatan TIK guru yang berjumlah 2.783.321 orang adalah 6 – 7 triliyun.

Dengan menyimak tulisan diatas, maka pustekkom melakukan terobosan baru (sebenarnya bukan baru bho….. ) dalam program pelatihan berbasis TIK yang terintegrasi serta memberikan dampak yang berskala luas dan berterima diseluruh lapisan struktur pendidikan.

Pada pelatihan Pengelola dan Senior Trainer Pemanfaatan TIK 2008 dilatih 33 orang pengelola dari Dinas Pendidikan Provinsi dan 56 orang Calon Senior Trainer TIK untuk guru, dan pada bulan Juli akan dilatih 10 orang guru Calon Teknisi Trainer.

Calon Senior Trainer yang dilatih sekarang ini yang dilaksanakan mulai tanggal 17 s.d. 21 Juni 2008 akan melatih calon Master Trainer dengan sasaran Pelatihan untuk didaerah kuota per kabupaten masing-masing 15 orang dengan komposisi 7 orang guru SMA/MA/SMK, 5 orang guru SMP dan 3 orang guru SD. Disamping juga akan dilatih Calon Master Teknisi Trainer 2 orang, yaitu 1 orang dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan 1 orang Guru di ICT Center.

Advertisements