Diknas Kota Kendari rencana akan membangun 1 (satu) unit sekolah baru jenjang menengah Atas (SMKN 6 Kendari, red), hal ini telah dikatakan oleh Abd.Rahman JG selaku Ketua Tim Pendiri SMK. Menurut Rahman pelaksanaan pembangunan unit sekolah baru tersebut masih menunggu restu dari Departemen Pendidikan Nasional Jakarta. Wali Kota Kendari Ir. Asrun telah mendisposisi rencana pembangunan USB tersebut. Sampai saat ini belum ada tim dari Direktorat Pengembangan SMK Depdiknas yang turun untuk melakukan verifikasi kelayakan.

siswaperikanan

Bila rencana pembangunan SMKN 5 Kendari ini terlaksana, Diknas Kota Kendari akan mengembangkan disiplin ilmu teknologi pertanian. Di Kota Kendari sampai saat ini belum ada satu pun SMK yang mengembangkan disiplinilmu pertanian, jadi dengan adanya SMKN 5 Kendari akan menyempurnakan jurusan di Sekolah Kejuruan khususnya di Kota Kendari.

Berita yang dihimpun dari sumber, bahwa nantinya SMKN 5 Kendari akan membuka 3 jurusan disiplin ilmu yakni; (1) Teknologi hasil pertanian tanaman, (2) Teknologi hasil pertanian perikanan dan (3) Usaha Jasa Pariwisata. Ketiga jenis disiplin ilmu tersebut sangat sesuai dengan potensi alam Kota Kendari.